Senin, 08 Desember 2008

Qurban, Jangan Hanya Motong Kambing!?!?

Tadi pagi kita semua -umat islam tentunya- baru saja pesta daging. Pesta yg hanya ada satu tahun sekali, dan dirayakan bareng2 seluruh dunia. Indah sekali. Kita semua seneng sekali pastinya. Orang yg jarang makan daging kambing ato sapi, jadi bisa makan. orang yg jarang sedekah daging kambing ato sapi, jadi bisa sedekah. Qurban ini sudah kita alami selama bertahun2, bahkan dari kita kecil, tapi yg bermakna hanya dagingnya saja, takada yg lain. Padahal ada hal lain yg seharusnya kita perhatikan dari ritual rutin ini. Makanya saya bilang, 'Qurban, jangan hanya motong kambing, tapi motong sapi juga, hehe.... ngga dink... bercanda... Sekarang serius. Truz motong apa lagi?

Sebenernya ada makna yg lebih mendalam dalam perintah Qurban ini. Allah itu tidak akan memerintahkan sesuatu yg sia-sia kepada hamba-Nya. Pasti ada makna dibalik semua itu. Makna mendalam dari korban yg telah merasuk ke pikiran saya setelah membaca beberapa buletin adalah, kita jangan hanya motong daging hewan saja, tapi kita juga harus melatih diri untuk memotong hawa nafsu kita, memotong sifat egoisme kita, memotong sifat serakah kita, dan memotong semua sifat yg kurang baik dalam diri kita. Yang nulis ini juga masih jauh dari itu semua, mari kita belajar bareng2.

Memang untuk melakukan itu semua, bukanlah hal yg mudah untuk dilakukan. Tapi asalkan kita mau berusaha dan bersungguh, InsyaAllah Allah akan memberikan kemudahan bagi kita. Apabila kita belum bisa memotongnya, ya kita coba untuk mengirisnya sedikit demi sedikit. Karena semua itu butuh proses proses teman...

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua... Amiin

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP