Senin, 06 Oktober 2008

Cawan Anggur yg Mematikan

Cawan Anggur? Apaan sih tu? Masak cawan anggur bisa mematikan sih.... Emangnya berbahaya yach? Makanya jangan tertarik pada penampilan luar saja, harus berhati2. Sesuatu yg bagus dilihat mata, belum tentu indah dan menyenangkan. Wah sok puitis nih.... hehe... padahal ga puitis sama sekali..

Makhluk apakah yg berwujud cawan anggur dan mematikan itu? Dia ga pernah bergerak dari tempatnya berdiri. Tapi dia selalu berhasil memikat makhluk2 lain dengan penampilan dan baunya yang harum. Sampai2 makhluk2 itu ga sadar kalo nyawanya itu sedang ada di ujung tanduk, dan bersiap mengahdapi kematian yg tak tahu kapan akan menghampiri. Makhluk itu adalah Nepenthes alias kantong semar.

Subhanallah, sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia juga yg memberi makan pada semua makhluk yg ada di langit dan di bumi. Tidak ada yg terlewat satu pun. Si Kantong Semar itu, tidak pernah bergerak dari tempatnya, tapi ia tetap bisa bertahan hidup.

Kantong semar itu bertahan hidup dengan mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar yg tercium oleh serangga -semut, rayap, lebah, kumbang & nyamuk-, agar mereka datang mendekat. Pada saat mereka sangat asik dengan mencari2 sumber bau itu, dan sampai pada ujung kantong nepenthes, tergelincir dach & akhirnya jatuh ke dalam kantong dan siap untuk mati. Emangnya cairan apa sih yg ada di dalam kantongnya itu? Katanya sih cuma air biasa, cuma di dalam air itu ada ion positif yg nyebabin airnya b'sifat basa. Selai itu, di dalam air itu juga ada enzim proteolase alia enzim nepenthesin dan juga enzim kitinase.

Trz gimana cara kerjanya yach? Kok hewan2 yg masuk dalam kantong itu bisa hancur lebur, padahal kan dia ga punya gigi... hehe... Jadi gini bro, cara kerja kantong itu mirip dg cara kerja lambung qita. Jadi gini cara kerjanya.....

Saat serangga itu masuk kantong, enzim2 itu langsung bekerja. Mula2 asam mencabik2 tubuh serangga sehingga mjd bongkahan besar, yaitu protein. Cangkang di urai oleh enzim kitinase. Tapi bongkahan itu kan masih terlalu besar bro? Nha, disitulah kegunaan enzim nepenthesin. Dia berfungsi memecah bongkahan itu mjd molekul yg lebih kecil spt nitrogen, kalium, fosfor & mineral lainnya. Nha, itulah yg diserap lalu diolah mjd makanan.

Subhanallah, Maha Besar Allah. Itulah kekuasaan Allah. Allah telah memberikan kecerdasan pada nepenthes itu agar dia bisa bertahan hidup. Apakah mungkin kecerdasan nepenthes itu di dapat secara kebetulan dan memaluli proses evolusi yg lama? Saya rasa tidak. Why? Bagaimana dg nepenthes jaman dulu, kalo kemampuannya itu diperoleh lewat proses yg lama? Apakah nephentes jaman dulu masih bisa hidup. Tentunya tidak. Dan itu membuktikan bahwa kemampuan yg dimiliki nephentes itu adalah karunia Allah yg diberikan kepada makhluknya. Sungguh Maha Besar Allah dg segala kekuasannya.

0 komentar:

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP