Selasa, 26 Agustus 2008

Semen Dari Sampah

Patut kita akui, bahwa Jepang adalah negara yang inovatif dan juga kreatif. Dengan kekratifannya, Jepang dapat mengubah sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi bahan vital, yaitu semen. Jepang telah berhasil mengembangkan penelitian pembuatan semen dari sampah. Yang dipakai dari sampah itu untuk bahan membuat semen adalah abu hasil pembakarannya. Dan menurut penelitian, abu pembakaran dari sampah tersebut mempunyai kandungan yang sama dengan bahan yang dipakai untuk membuat semen pada umumnya.

Dengan ditemukannya semen berbahan sampah ini (eksosemen), sampah yang dibuang setiap harinya oleh warga Jepang, menjadi tidak sia-sia. Karena sampah-sampah akan dijadikan bahan-bahan untuk memproduksi semen lagi. Selain itu, dengan adanya pembuatan semen dari sampah ini, membuat Jepang menjadi selangkah lebih maju lagi. Hingga saat ini di Jepang sadah ada dua perusahaan yang menangani masalah eksosemen ini.

Walaupun bahan semen ini dari samapah, ternyata kualitasnya tidak jauh beda dengan semen-semen pada umumnya. Bahkan, berdasarkan hasil pengujian JSA (Japan Standar Association), dinyatakan bahwa ekosemen mempunyai kualitas yang sama baiknya dengan semen biasa. Sehingga untuk penggunaan eksosemen ini sadah menjamur di masyarakat Jepang. Bahkan dipakai untuk pembangunan jembatan, rumah, jalan, dsb.

Jika melihat hal ini, bukankah ini kesempatan bagi kita mencoba eksosemen di negri kita sendiri. Kita lihat sendiri, bahwa di negeri kita banyak sekali sampah yang tak terberdayakan, bahkan sampai menjadi gunung sampah. Kita sering melihat di TV tentang berita sampah longsor yang mematikan banyak nyawa. Bukankah ini manjadi masalah bagi kita bersama? Apabila kita bisa turut melakukan seperti yang dilakukan oleh Jepang, mungkin Indonesia bisa lebih maju dan juga bisa mengurangi ketergntungan pada luar negeri.


2 komentar:

Anonim,  31 Agustus 2008 pukul 13.06  

semen dari tanaman ada ga ya?????? :)

Mz Sulis 2 September 2008 pukul 11.29  

Semen dari tamanam? Ada yups...
Semen tara belum ditemukan...
hehe....

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP